Tips Merawat AC di Rumah

Tips Merawat AC di Rumah

Salah satu peralatan elektronik di rumah kami yang banyak dipergunakan adalah Air Conditioner (AC). Gak kebayang deh, kalau benda satu ini rusak dan tak berfungsi.

Tak hanya siang hari, di rumah AC juga menyala di malam hari. Bintang dan Zizi tak akan betah tidur di ruang yang tak berpendingin udara. Dan sekarang, si bungsu Arsyad juga ikut-ikutan dengan seniornya. Tak bisa tidur tanpa AC.

Saya tak bisa membayangkan bagaimana mereka akan lelap bila suatu saat AC di rumah mati. Karena itu saya selalu berusaha untuk merawatnya dengan baik. Perawatan AC tak hanya dilakukan ketika service saja lho. Kita bisa memulainya dengan memperhatikan hal-hal kecil ketika pemakaian setiap harinya.

Berikut beberapa hal yang bisa jadi panduan dalam merawat AC tanpa bantuan tukang service.

  1. Ketahui ukuran Parde Kacht (PK)

Mengetahui ukuran PK AC diperlukan untuk menyesuaikan dengan kondisi ruangan. Jangan sampai PK AC yang dipakai terlalu besar dibanding ukuran ruangan. Hal ini bisa menyebabkan suhu udara menjadi terlalu dingin.

Sebaliknya, PK AC yang terlalu kecil juga menyebabkan mesin bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan. Karena itu sangat penting memilih ukuran yang tepat untuk tempat yang tepat pula.

  1. Tutup ruangan saat AC menyala

Menutup seluruh ruangan diperlukan agar AC tidak terlalu keras bekerja sehingga ruangan menjadi lebih cepat sejuk. Semakin ringan mesin bekerja, maka AC akan semakin awet. Melakukan perawatan AC rumah menjadi lebih ringan.

 

  1. Matikan AC jika tidak diperlukan

Membiarkan AC tetap menyala ketika tidak ada orang di dalam rumah atau ruangan tentu saja sangat sia-sia. Selain itu juga akan sangat memboroskan daya listrik. Mematikan saat tidak diperlukan akan membuat mesin AC istirahat dan lebih awet karena tidak bekerja sepanjang waktu.

  1. Manfaatkan timer

Hampir setiap AC memiliki fitur pengatura waktu atau timer. Fitur ini berfungsi mengatura waktu otomatis kapan mesin harus mati setelah dinyalakan. Waktu ideal untuk membiarkan AC menyala adalah selama 5 jam.

  1. Atur suhu ideal

Ada baiknya tidak menghidupkan AC di bawah 22°C. Saat ini suhu ruangan yang pas untuk wilayah Indonesia adalah 22 C.

  1. Bersihkan AC secara rutin

Membersihkan unit AC tak perlu menunggu tukang service. Kita bisa melakukannya sendiri di rumah. Misalnya dengan menyemprot perangkat outdoor AC. Idealnya lakukan pembersihan 2 kali dalam sebulan agar AC tetap awet dan dalam kondisi baik.

  1. Cek bagian Freon

Ketika membersihkan AC, jangan lupa untuk mengecek bagian Freon. Pastikan agar tak ada kebocoran pada bagian ini. Bila Freon bocor, maka AC tak akan bekerja mendinginkan ruangan. Bila AC sudah mulai tak bisa memberikan suhu ruangan dingin, segera lakukan pengecekan dengan teknisi agar AC segera bisa diperbaiki.

Leave a Comment